Jumat, 03 Juli 2015

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru


Paru-paru merupakan organ vital bagi tubuh dan bagi kehidupan manusia karena dengan paru-paru dapat membantu manusia untuk bernafas sehingga manusia akan tetap hidup dan melakukan aktifitasnya sehari-hari. Organ ini bertugas untuk menukar oksigen dengan karbon dioksida dari hasil proses pembakaran tubuh untuk dilepaskan ke udara. Bila terjadi gangguan pada paru-paru, maka tugas tersebut tidak dijalankan dengan semestinya sehingga darah dalam tubuh akan kekurangan oksigen dan kelebihan karbon dioksida. Hal tersebut tentunya akan menjadi dampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti tubuh mudah lemas dan tidak menutup kemungkinan penyakit lainpun dapat terjadi.

Oleh sebab itu menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting untuk dilakukan. Berikut ini kami akan berikan Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru yang mudah untuk dilakukan :


1 . Tidak merokok

Tidak ada batas aman bagi seseorang yang merokok. Semakin sering orang menghisap rokok, maka  risiko gangguan paru-paru juga akan semakin besar. Hal ini tidak hanya terbatas pada rokok, juga mencakup cerutu, dll.

2 . Hindari udara yang kotor

Udara bersih akan mengurangi risiko paparan benda asing dari luar yang masuk kedalam paru-paru yang bisa merusaknya. Oleh karena itu, hindari sebisa mungkin asap kendaraan bermotor, atau asap dari pembakaran kayu atau sampah. Jika mengendarai sepeda motor sebaiknya menggunakan masker, agar tidak menghirup terlalu banyak asap knalpot kendaraan. Waspadalah terhadap ancaman polusi udara dari lingkungan disekitar Anda.

3 . Olahraga

Latihan kebugaran kardiorespirasi yang baik akan membantu menjaga kekuatan otot jantung dan paru-paru dalam mensuplai oksigen. Selain itu, olahraga teratur juga sangat penting dan akan membantu bagi orang dengan penyakit paru-paru kronis.

4 . Mengkonsumsi makanan yang sehat

Ada bukti bahwa makanan yang kaya akan antioksidan baik untuk kesehatan paru-paru. Semua jenis sayuran bagus, akan tetapi sayuran yang berdaun hijau lebih banyak mengandung antioksidan dan akan memberikan perlindungan. Apel juga merupakan makanan sehat yang tinggi mengandung antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan paru-paru.

5 . Menggunakan alat pelindung saat bekerja

Banyak pekerjaan yang menghadirkan risiko masalah bagi paru-paru, seperti pekerja konstruksi, penata rambut dsb. Untuk itu memakai alat pelindung diri seperti masker yang sesuai dengan jenis pekerjaan bisa menghalangi masuknya partikel berbahaya ke dalam paru-paru.

6 . Menggunakan produk yang aman

Beberapa produk rumah tangga ada yang mengeluarkan partikel atau gas yang berbahaya bagi paru-paru. Cobalah untuk menghindari produk-produk yang berbasis minyak, atau produk yang yang mudah menguap dan melepaskan senyawa organik ( volatile organic compounds / VOC ). Hindari atau hati-hati jika menggunakan amonia, dan label produk dengan teliti.

7 . Jagalah Kebersihan Sekitar Anda

Disadari atau tidak tempat anda sekarangpun dapat memperburuk kondisi paru paru anda , mulai dari debu ataupun tungau yang berada pada tempat tidur , sofa , ataupun diudara . Selalu jaga kesehatan tempat tinggal anda dan bangunlah rumah anda dengan dilengkapi ventilasi udara yang cukup agar udara segar dapat masuk dan ruangan tidak lembab. Ruangan yang lembab juga cenderung menghadirkan jamur, tungau, dll.

8. Periksakan Ke Dokter

Selalu konsultasikan kesehatan anda ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan anda . Pemeriksaan rutin juga dapat membantu anda terhindar dari penyakit yang tak terdeteksi seperti halnya kanker , diabetes dan darah tinggi . Juga minta saran olahraga dan tipe asupan yang pas untuk anda.

Itulah sedikit tips yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat dan semoga kesehatan organ paru-paru anda tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar