Minggu, 05 Juli 2015

Tips Menjaga Kesehatan Hati

Tips Menjaga Kesehatan Hati


Perlu anda ketahui dan perlu juga anda lakukan untuk mejaga kesehatan hati mulai dari sekarang sebelum menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Hati merupakan salahsatu organ vital yang ada pada tubuh manusia dan fungsinya juga sangat penting yaitu untuk menyaring racun dalam tubuh, menghasilkan hemoglobin, menyimpan kelebihan vitamin A,D,E dan K, menghasilkan cairan empedu, metabolisme protein, mengontrol produksi kolesterol, mengubah asam lemak menjadi trigliserida, menyimpan glikogen sebagai cadangan glukosa, menetralkan zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh seperti alkohol dan nikotin, Serta metabolisme sebagian besar obat yang kita minum.

Jika organ hati tidak sehat, tentunya kinerjanya pun tidak akan maksimal dan juga sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan hati sangatlah penting agar dapat berfungsi dengan baik dan juga bekerja secara maksimal. Untuk menjaga kesehatan hati pada sebenarnya tidak sulit, banyak cara sederhana yang dapat anda lakukan. Seperti Tips Menjaga Kesehatan Hati yang kami informasikan berikut ini :
  1. Menjaga kesehatan hati dimulai dari makanan yang kita makan. Makanan yang baik untuk hati yaitu bawang merah, bawang putih, Sayur-sayuran (kembang kol, kubis, selanda air, sawi hijau), biji-bijian (gandum dan beras merah), kunyit, teh hijau, kedelai dan anggur merah.
  2. Membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh anda, dalam hal ini membatasi berbagai makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  3. Menghindari berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol. Minuman yang mengandung alkohol tersebut dapat berpengaruh sangat buruk pada metabolisme organ hati yang anda miliki.
  4. Menghentikan kebiasaan merokok, menjauhi asap dan berbagai cairan beracun. Karena asap-asap yang mengandung racun tersebut akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru paru anda dan akan di bawa ke organ hati. Kemudian mengalami detoksifikasi dan di hilangkan di empedu.Oleh karena itulah, jumlah dan konsentrasi bahan kimia tersebut harus dikontrol untuk mencegah kerusakan hati anda.
  5. Selalu mencuci tangan dengan bersih yaitu dengan sabun dan air yang bersih setelah buang air besar dan sebelum menyiapkan berbagai makanan yang akan anda konsumsi. Agar kesehatan hati anda tetap terjaga.
  6. Jangan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, karena hal tersebut akan mengganggu proses detoksifikasi pada tubuh khususnya hati.

Sangat sederhana dan mudah bukan ?  jadi jagalah kesehatan hati anda mulai dari sekarang agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.


1 komentar: